CILEGON - Tahapan penilaian lomba Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2019 mulai dilakukan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementarian PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Rabu (27/3). Salah satu hasil pembangunan yang diajukan penilaian adalah pembangunan paving block untuk jalan menuju sumur di Lingkungan Gunung Batur 1, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak.


Jalan menuju sumber mata air di pegunungan yang biasanya dimanfaatkan warga saat musim kemarau itu sebelumnya hanya jalan berbatu. Warga biasanya berjalan kaki sejauh 1 kilometer (Km) menuju sumur tersebut, karena tidak bisa dilalui menggunakan kendaran bermotor. Setelah di-paving block, warga kini bisa menggunakan kendaraan bermotor untuk mengangkut air bersih dari sumur itu.


Pantauan Kami di lokasi, penilaian yang dilakukan oleh tim tersebut dengan melihat langsung jalan paving block itu dan juga berdialog dengan warga setempat.Direktur Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Daerah Kementerian PPN/Bappenas, Agustin Arry Yanna menyatakan, kunjungan tersebut merupakan tahapan dari penilaian tahap V PPD 2019.


Tim penilai, kata Agustin, melakukan evaluasi terhadap berbagai pembangunan, khususnya soal pemanfaatan pembangunan yang berdampak langsung dan dirasakan oleh warga.“Ini evaluasi dalam rangkaian PPD. Kami melihat langsung lokasi, sehingga bisa menentukan evaluasi terhadap pembangunan yang sudah dilakukan,” papar Agustin Kami saat meninjau lokasi didampingi Plt Sekretaris Bappeda Kota Cilegon, Achmad Jubaedi, Rabu (27/3).


Setelah berdialog langsung dengan warga, Agustin mengungkapkan, ternyata pembangunan yang dilakukan, khususnya jalan paving block di wilayah pegunungan itu dinilai cukup baik. Meski begitu, kata Agustin, ada sejumlah hal yang harus dimaksimalkan pembangunannya, bukan hanya akses jalan namun juga fasilitas lainnya.“Kalau kita lihat, jalan ini sudah sangat bermanfaat, jika sebelumnya warga susah dan harus memikul air untuk keperluan sehari-hari, sekarang dengan adanya paving block bisa pakai motor,” paparnya.


Sementara itu, Plt Sekretaris Bappeda Kota cilegon, Achmad Jubaedi menyatakan, selain pembangunan jalan paving block di Kelurahan Mekarsari, tim juga melakukan pengecekan pembangunan ke sejumlah kelurahan lainnya.


Hal tersebut untuk memastikan hasil presentasi yang sebelumnya dilakukan sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan.“Ini tahapan selanjunya penilaian PPD. Sekarang langsung verifikasi hasil presentasi yang sudah kami dilakukan,” ungkap Kepala Diskominfo ini.


Jubaedi berharap, penilaian pembangunan yang dilakukan tim tersebut mendapat nilai maksimal, sehingga Kota Cilegon bisa lolos dan mendapat penghargaan.“Semoga hasilnya maksimal, semuanya sudah dilakukan,” tutupnya.Sebelumnya Diberitakan, Kota Cilegon masuk 10 besar dari 16 kota se-Indonesia dalam Lomba PPD 2019 yang digelar Kementerian PPN/Bappenas. Kota berjuluk Kota Baja ini lolos penilaian presentasi dan wawancara atau Tahap IV dalam lomba tersebut pada Kamis (21/3) lalu di Gedung Kementraian PPN/Bappenas.

Sosial Media

Hubungi Kami

DINAS KESEHATAN KOTA CILEGON

Telp / Fax : +62254374762

E-mail: dinkes@mail.cilegon.go.id
Website: http://dinkes.cilegon.go.id